Available courses

Selamat datang dalam Kursus “Math Trails dengan Teknologi Digital”. Kursus ini diselenggarakan oleh Math Trails Research Group Jurusan Matematika FMIPA UNNES bekerjasama dengan MathCityMap dari Goethe University Frankfurt Jerman. Dalam Kursus ini, kita akan membahas konsep dan mempraktikkan pendesainan outdoor mathematical modelling task, pengembangan math trails dengan MathCityMap, pengelolaan MCM Digital Classroom, dan penggunaan MathCityMap App. Kursus ini terdiri dari 8 bagian yang dapat ditempuh dalam 32 jam baik teori maupun praktik yang dilaksanakan melalui Portal mathcitymap.eu dan menggunakan Aplikasi yang dapat diinstal melalui Google Play atau App Store. Peserta akan mendapatkan sertifikat resmi yang diterbitkan oleh MathCityMap dari Goethe Unniversity Frankfurt Jerman, jika telah menyelesaikan dan lulus untuk semua materi (dalam bentuk video) dan penugasan (dalam bentuk praktik) serta mengisi formulir yang disediakan di bagian akhir dari course ini. Buku tentang Math Trails dengan Mobile Technology dapat ditemukan di Springer International Publishing dan kunjungi laman resmi Math Trails Research Group Jurusan Matematika FMIPA UNNES untuk mendapatkan informasi tentang proyek, publikasi, dan kesempatan berkolaborasi. 

Mathematics is around us. In many places around the world, there are special locations where mathematics can be experienced in everyday situations. Some of the mathematics tasks associated with the location can be designed and linked into a mathematics trail. The tasks can be solved by following the mathematical modelling cycle. In some cases, in some parts of the modelling cycle, a computer simulation is needed to explore the impact of variable changes in a system or environment. Dynamic Mathematics Software plays an important role in this process. Augmented Reality and 3D printing technologies have also the potential to play a role in designing cross-country math trails. Interesting math trails based on iconic buildings in a country can be experienced by students and teachers in other countries and vice versa so that they are connected and learn from each other’s culture while learning and teaching mathematics.

This course discusses the geometry of three-dimensional space which includes: the concept of space geometry, drawing space objects, lines and planes in space, parallels and perpendiculars, projections and distances, solids, and intersections.

Perkuliahan Pembelajaran pemodelan matematika dengan bobot 3 SKS ini membahas tentang pemodelan matematika sederhana untuk pembelajaran matematika di sekolah.  Materi dalam mata kuliah ini meliputi Prinsip-prinsip Pemodelan Matematika untuk Sekolah dan Desain Soal bertipe Pemodelan Matematika Sederhana serta Penyelesaiannya, termasuk penggunaan teknologi dalam proses penyelesaian. Tujuan dari perkuliahan ini adalah agar mahasiswa mempunyai kompetensi dalam menerapkan matematika dalam kehidupan dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan nyata dengan mengikuti prinsip-prinsip pemodelan matematika, serta cara mengajarkannya di sekolah menengah. Kompetensi-kompetensi tersebut sangat diperlukan bagi Anda yang bekerja sebagai guru matematika di sekolah atau calon guru matematika. Pemodelan matematika sederhana penting untuk diajarkan di sekolah-sekolah melalui pembelajaran matematika.